Langsung ke konten utama

Perkembangan Kurikulum di Indonesia


Kurikulum dari tahun 1952 sampai sekarang
A. Kurikulum 1952
       Kurikulum pada tahun 1952 sudah mengarah pada suatu sistem pendidikan nasional. Yang paling menonjol dalam kurikulum ini adalah dihubungankan dengan kehidupan sehari-hari.
B. Kurikulum 1964
       Kurikulum 1964 yang menjadi ciri dari kurikulum ini adalah bahwa pemerintah mempunyai keinginan agar rakyat mendapat pengetahuan akademik untuk pembekalan pada jenjang SD, sehingga pembelajaran dipusatkan pada program Pancawardhana yang meliputi pengembangan daya cipta, rasa, karsa, karya, dan moral.
C. Kurikulum 1968
            Kurikulum 1968 yaitu dilakukannya perubahan struktur kurikulum pendidikan dari Pancawardhana menjadi pembinaan jiwa pancasila, pengetahuan dasar, dan kecakapan khusus. Isi pendidikan diarahkan pada kegiatan mempertinggi kecerdasan dan keterampilan, serta mengembangkan fisik yang sehat dan kuat.
D. Kurikulum 1975
            Zaman ini dikenal istilah “satuan pelajaran”, yaitu rencana pelajaran setiap satuan bahasan. Setiap satuan pelajaran dirinci lagi: petunjuk umum, tujuan instruksional khusus (TIK), materi pelajaran, alat pelajaran, kegiatan belajar-mengajar, dan evaluasi.
E. Kurikulum 1984 (Kurikulum CBSA)
            Kurikulum 1984 ini berorientasi kepada tujuan instruksional. Didasari pengalaman belajar kepada siswa dalam waktu belajar yang sangat terbatas di sekolah harus benar-benar fungsional dan efektif.
F. Kurikulum 1994
            Dalam kurikulum ini melaksanakan sistem caturwulan yang pembagiannya dalam satu tahun menjadi tiga tahap diharapkan dapat memberi kesempatan bagi siswa untuk dapat menerima materi pelajaran cukup banyak. Tujuan pengajaran menekankan pada pemahaman konsep dan keterampilan menyelesaikan soal dan pemecahan masalah.
G. Kurikulum 2004
            Dalam Kurikulum 2004 ini lebih menekankan pada serangkaian pengalaman belajar yang bermakna. Keberagaman yang dapat dimanifestasikan sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan yang ingin dicapai menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupun klasikal.
H. Kurikulum 2006 (KTSP)
            Dalam kurikulum ini lebih menekankan guru lebih diberikan kebebasan untuk merencanakan pembelajaran sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa serta kondisi sekolah berada. Hal ini disebabkan karangka dasar (KD), standar kompetensi lulusan (SKL), standar kompetensi dan kompetensi dasar (SKKD) setiap mata pelajaran untuk setiap satuan pendidikan telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional.
I. Kurikulum 2013
            Kurikulum ini bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya.
J. Kurikulum 2013 Revisi
            Kurikulum 2013 setelah revisi ini :
1. menggunakan metode pembelajaran aktif Guru berperan menjadi fasilitator pembelajaran yang membuat siswa menyenangi kegiatan belajar mengajar.
2. Proses berpikir siswa tidak dibatasi, tidak hanya SMA, kini anak SD boleh berpikir sampai tahap penciptaan, sesuai kemampuannya.
3. Penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru
4. Meningkatkan hubungan Kompotensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
5. Penerapan teori 5 M (Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mencipta)
6. Struktur mata pelajaran dan lama belajar di sekolah tidak diubah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Kurikulum di Turki dan di Indonesia

PERBEDAAN KURIKULUM DI TURKI DAN DI INDONESIA A. Kurikulum di Turki             Pertama kita akan bahas kurikulum yang ada di Turki . Kurikulum Pelajaran yang diajarkan di sekolah adalah Bahasa Turki , Turki sastra , Matematika , Fisika , Chemistry , Biologi , Geometry , Sejarah Turki , Geografi , Bahasa Inggris , Bahasa Asing (Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Arab, Rusia ) , Keamanan nasional , Studi kesehatan , Electives , Profesi Pelajaran (hanya di Sekolah Tinggi Kejuruan) , Kursus Agama (hanya dalam Anatolian Imam Hatip-SMA dan Imam-Hatip SMA) .             Metode yang dipakai di Turki dalam pengajaran masa ini adalah para siswa diberikan kebebasan dalam berfikir, dan berdiskusi tentang pengetahuan yang telah dibaca. Banyak juga terdapat perpustakaan, baik perpustakaan umum maupun khusus. Hampir seluruh masjid dan madrasah-madrasah ada perpustakaan yan...

Kurikulum di Turki

Kurikulum di Turki Kurikulum adalah program pendidikan yang disediakan sekolah yang tidak hanya sebatas studi dan kegiatan belajarnya saja, akan tetapi meliputi segala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pembentukan pribadi siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.             Pada masa Turki Usmani sekitar tahun 1864 membentuk Komisi Sekolah Dasar Muslim. Kurikulum mulai disusun lebih baik, disekolah dasar mulai diajarkan beberapa pelajaran tambahan seperti : Seni menulis indah (Kaligrafi), Kewarganegaraan, Geografi, dan Aritmatika. Pada pendidikan madrasah dan pendidikan tinggi yaitu Mekteb-i Ma’arif (Sekolah Pengetahuan Umum) dan Mekteb-i Ulum-u Edebiye (Sekolah Sastra) menambahkan pelajaran umum, antara lain : Bahasa Prancis, Ilmu Bumi, Ilmu ukur, Sejarah dan Ilmu Politik disamping Bahasa Arab. Sekolah pengetahuan umum mendidik siswa menjadi pegawai administrasi, dan sekolah sastra menyiapkan ...

Kurikulum Kehidupan

KURIKULUM KEHIDUPAN Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh             Saya Diyah Ayu, kali ini saya akan menceitakan kurikulum kehidupan saya, selain untuk memenuhi tugas kuliah, ini untuk memotivasi saya mengejar mimpi-mimpi saya.             Saya pernah berfikir kalau saya tidak bisa apa-apa tanpa bantuan Allah Azza wajalla bahkan meminta kepada orangtua pun beum tentu dikasih. Disitu saya memulai membangun kedekatann dengan Ar-Rahman, saya berharap banyak dari-Nya. Dengan membaca bismillah sebelum memulai aktivitas, saya berharap Allah ridho dengan apa yang saya kerjakan, saya pun sekarang lebih menggantungkan apa-apa kepada Allah, contoh jadwal kuliah.             Target saya yang pertama bisa kuliah sambil kerja, dan Alhamdulillah sudah tercapai. InsyaAllah tahun 2020 lulus, dan umroh lalu menikah (ka...